KESADARAN MASYARAKAT UNTUK KE DOKTER GIGI

Ketidaktahuan masyarakat mengenai pentingnya berkonsultasi dengan dokter gigi memang masih menjadi masalah di banyak tempat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kurangnya pendidikan kesehatan gigi yang memadai, biaya perawatan, mitos yang berkembang, ketakutan terhadap kunjungan ke dokter gigi, dan masalah aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan gigi (Mohebi et al, 2018).

Masyarakat telah direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali dimulai dari masa kanak-kanak, namun masih banyak masyarakat yang melakukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut hanya pada saat terjadi masalah.

Tindakan preventif yang dapat dilakukan supaya tidak terjadi masalah yang demikian salah satunya dengan melakukan promosi kesehatan gigi dan mulut yang benar dan tepat sasaran. Tentunya dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang mendukung kemudahan untuk bersosialisasi dan melakukan promosi di sosial media seharusnya dimanfaatkan untuk mengedukasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan berkunjung ke dokter gigi. 

Komentar